Peristiwa

Pohon Tumbang Timpa Toko di Balikpapan Baru

EVAKUASI: Petugas Disperkim dan warga mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa toko milik warga di Jalan MT. Haryono, Balikpapan Selatan. (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dihantam hujan deras dan angin kencang, pohon trembesi yang berada di pinggir Jalan MT. Haryono, Balikpapan Selatan, yang berjarak sekira 100 meter dari simpang Balikpapan Baru, mendadak tumbang, Rabu (4/12/2019) sekira pukul 14.00 Wita.

Informasi yang dihimpun di lokasi, kejadian itu terjadi secara tiba-tiba saat hujan deras. Pedagang kaki lima yang berada di sebelah kiri pohon, sedang berteduh di lapaknya. Begitu juga dengan karyawan toko Kurnia Jaya Sentosa yang berada di depan pohon sedang beraktifitas di dalam toko.

Saat itulah pohon tumbang tiba-tiba dan bagian rantingnya langsung menghantam atap toko yang menjual peralatan elektronik tersebut. Brak! Seketika karyawan dan warga sekitar pun langsung berhamburan dari dalam ruangan.

“Kejadiannya waktu hujan dan angin kencang. Tiba-tiba pohon tumbang dan menghantam atap toko. Beruntung tidak ada orang di sekitar pohon saat kejadian, kalau tidak pasti udah tertumpah,” ujar Suyanto (38) salah satu pedagang di dekat pohon yang tumbang.

Ditambahkannya, setelah beberapa tahun dia berdagang di sekitar pohon, diketahuinya tidak ada tanda-tanda pohon akan tumbang. Hanya saja memang dahan paling besar kayu tersebut mengarah ke toko elektronik. Maka atas kejadian itu, warga pun mengira tidak bakalan tumbang dalam waktu dekat.

“Pohonnya masih bagus dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Cuman dahan paling besar miring dan mengarah ke toko,” tuturnya.

Tidak berapa lama setelah kejadian itu, warga pun langsung menyampaikan ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Balikpapan. Dan tidak berapa lama, petugas langsung datang ke lokasi guna melakukan pemotongan dan evakuasi terhadap pohon yang tumbang.

“Tadi kami dapat informasi pohon tumbang dari warga. Jadi kami langsung ke lokasi untuk melakukan pemotongan. Sekarang sudah rampung dan lokasi sudah kembali normal,” ujar salah satu petugas Disperkim di lokasi. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top