Corak

Anjungan, Spot Baru Foto Selfie di Kampung Pinisi

Diresmikan Wali Kota Balikpapan, Tawarkan Pemandangan Laut

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat meresmikan anjungan di Kampung Pinisi (foto: kotaku.co.id/humas pemkot)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Buat kamu yang menambah koleksi foto dan laik untuk dipamerkan di media sosial, Kampung Pinisi RT 32 Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Klandasan Ilir yang digadang sebagai kampung wisata menawarkan spot terbaru untuk foto narsis yakni anjungan. Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi didaulat hadir untuk meresmikan fasilitas anyar tersebut, Senin (24/2/2020) sore.

Ditemui sebelum acara berlangsung, Camat Balikpapan Kota Heruressandy Setia Kesuma mengatakan, anjungan Kampung Pinisi diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pariwisata Kota Balikpapan. “Apalagi Kecamatan Balikpapan Kota adalah pusatnya Kota Balikpapan dan menjadi bagian dari pengembangan destinasi wisata kawasan pantai,” terangnya Senin siang. Ya, Pemerintah Kota Balikpapan saat ini sedang giat membangun tempat untuk dijadikan destinasi wisata baru, terutama di kawasan pantai.

Anjungan di Kampung Pinisi merupakan spot terbaru berbentuk kapal yang menawarkan pemandangan laut. Mampu menampung 50 pengunjung sekaligus cocok untuk tempat bersantai atau berbagai kegiatan lainnya. Disebut Kampung Pinisi karena mayoritas warganya berasal dari suku Bugis dan Pinisi merupakan kapal tradisionalnya. Kerja sama yang baik antar seluruh warga dan tingginya kesadaran dalam mewujudkan kampung yang bersih, asri dan tertata rapi membuat lingkungan tersebut dikenal banyak orang. Hingga akhirnya dilirik banyak kalangan yang menyalurkan bantuan untuk mendukung pengembangan kawasan tersebut. Salah satunya Yayasan Danamon Peduli yang memfasilitasi pembangunan anjungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Adanya anjungan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga karena bisa menarik minat dari luar untuk bisa berkunjung,” terang Lurah Klandasan Ilir Rica Jayanti yang juga ditemui di sela persiapan peresmian anjungan oleh Wali Kota Balikpapan. Adapun pemeliharaan dan pengelolaan, lanjutnya, diserahkan kepada warga setempat. Sementara itu, Ketua RT 32 Kampung Pinisi Sri Rahayu berharap, semakin banyak penyaluran program CSR yang digelontorkan di lingkungannya. “Sehingga membuat pembangunan Kampung Pinisi menjadi lebih bagus lagi,” pukaunya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top