Metro

Dua Hari Berturut-turut Jumlah Pasien Covid-19 Bertambah, Total Dirawat 17 Orang

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Minggu (19/4/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Balikpapan bertambah lagi. Yakni satu orang pada Minggu (19/4/2020). “Pasien memiliki riwayat sering pulang pergi Jakarta,” jelas Wali kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, sore tadi.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, pasein terkonfirmasi positif berjenis kelamin perempuan berusia 58 tahun. “Beliau sudah dirawat (sejak 4 April 2020) di Rumah Sakit dr R Hardjanto,” lanjutnya.

Praktis pasien tersebut menambah panjang daftar Covid-19 di Balikpapan menjadi total 22 kasus. Dari jumlah itu, empat dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia. Itu artinya, total pasien Corona yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 17 orang. Saat ini, Pemerintah Kota Balikpapan masih menunggu hasil uji 42 spesimen di BBLK Surabaya.

“Kami juga mengimbau kepada 30 orang hasil tracing cluster Gowa, Sulsel mengikuti Rapid Test kedua untuk mengetahui kondisi kesehatannya,” imbuhnya. Tercatat ada 50 orang hasil lacak kontak yang memiliki keterkaitan dengan cluster Gowa, Sulsel. Dari jumlah itu, baru 30 orang yang mengikuti pemeriksaan dengan metode cepat yakni Rapid Test di RSUD Beriman Balikpapan dan Kantor Litbangkes Balikpapan.

Seiring bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ikut bertambah. Yakni satu orang berjenis kelamin perempuan sehingga total sebanyak 23 PDP.

Sementara untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 450 orang berkurang sebanyak 46 orang. “Mohon kepada masyarakat tetap waspada tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yang disepakati bersama- sama. Memakai masker, tidak berkeluyuran di luar melainkan tetap berada di rumah, menjaga jarak dan menghindari kontak dengan yang berpotensi menjadi ODP dan PDP,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top