Peristiwa

Mendadak Buas, Seekor Monyet Serang Balita di Gunung Sari

Monyet yang menyerang seorang balita ditangkap untuk dibawa ke kantor BKSDA Kaltim (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Seekor monyet mendadak buas dan menyerang seorang balita di Jalan Asoka, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah. Akibat kejadian itu, Quinsa (2) terluka dan harus dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan tim medis.

Peristiwa memilukan itu terjadi 5 Januari 2021. Saat itu korban bersama ibunya, Irma (32) sedang berjalan di depan rumah pemilik monyet. Saat itulah korban langsung diserang dengan cara mencakar dan mengigit bagian paha. Beruntung saat kejadian ibu korban langsung teriak dan memukul monyet hingga melepas gigitan.

“Saya lewat dari lokasi mau ke rumah teman. Kami tidak melihat monyet karena kondisi gelap. Saat itulah anak saya langsung dicakar dan digigit,” ujar ibu korban kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Tahu kalau anaknya terluka, sang ibu pun langsung membawa korban ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. “Kata pihak puskesmas tunggu sembuh dulu lukanya baru bisa disuntik vaksin rabies,” tambahnya.

Atas kejadian itu, warga pun langsung melaporkannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim. Dan Kamis siang tadi, tim BKSDA Kaltim akhirnya datang dan langsung mengevakuasi monyet tersebut.

“Kami bawa dulu untuk diperiksa. Di sana akan kami karantina sampai kondisinya membaik baru kami dikembalikan kepada pemiliknya,” ujar Dian salah satu petugas BKSDA.

Menurutnya, monyet mendadak buas bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya ingin kawin. Atau bisa jadi karena salah asupan makanan. Karena faktor itulah monyet mengalami stres hingga menjadi buas. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top