Peristiwa

Hilang Kontak Beberapa Hari, KM Belabong Akhirnya Ditemukan

Tim Basarnas sebelum berangkat melakukan pencarian KM Belabong (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sempat hilang kontak selama beberapa hari, KM Belabong akhirnya ditemukan dengan selamat. Saat ini kapal tersebut sedang melakukan perbaikan mesin di Muara Pantuan, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim dan akan berangkat ke tempat tujuan.

“Pagi ini kami mendapat informasi dari pemilik kapal bawah KM Belabong beserta kru sudah ditemukan dengan selamat,” ujar Kepala Basarnas Kota Balikpapan, Melkianus Kotta, Senin (18/1/2021) pagi.

Ditambahkannya, hilangnya komunikasi dengan pemilik kapal diduga lantaran mengalami kerusakan mesin dalam perjalan. Tapi saat ini kapal sudah normal dan akan melanjutkan perjalanan ke tujuan awal di Pulau Balabalangan.

“Kondisi kapal saat ini sudah normal dan akan lanjut ke tujuan. Dari Muara Pantuan ke Pulau Balabalangan diperkirakan memakan waktu sekira 8-9 jam dalam perjalanan,” tambahnya.

KM Belabong yang bermuatan logistik berangkat dari kawasan Pantai Manggar, Balikpapan Timur, Kamis (14/1/2021) sekira pukul 08.00 Wita dengan tujuan Pulau Balabalagan. Sesuai jadwal yang ditentukan, kapal diperkirakan akan tiba tujuan sekira pukul 16.00 Wita.

Akan tetapi, sampai dua hari kemudian, kapal tersebut belum juga tiba di tujuan dan hilang kontak. Oleh karena itu, pada Sabtu (16/1/2020) sekira pukul 10.35 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Kelas A Kota Balikpapan menerima informasi hilangnya kapal tersebut dan langsung melakukan pencarian hingga akhirnya ditemukan dengan selamat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top