Peristiwa

Kecelakaan di Simpangan Rapak Memantik Trauma Korban Tahun 2009, Berharap Ada Solusi

Lagi, truk seruduk kendaraan di depannya saat jalur turunan Rapak (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Lagi dan lagi, truk seruduk kendaraan yang berada di depanya di turunan Rapak, Jalan Soekarno Hatta Km 0, Balikpapan Utara. Terbaru, kejadian tersebut menimpa sejumlah pengendara, Senin (8/1/2021). Kejadian bermula saat truk pengangkut beras bernomor polisi KT DD 8408 XQ yang dikendarai Andika (25) datang dari arah Jalan Soekarno-Hatta Km 3 menuju Kebun Sayur. Namun naas, saat berada di turunan persimpangan itu, truk hilang kendali dan langsung menabrak tiga mobil dan tiga motor di depannya yang sedang menunggu lampu berubah warna.

Meskipun tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kecelakaan tersebut tentu membuat warga khawatir akan kembali terulang kejadian seperti tahun 2009 yang lalu.

Dari tahun ketahun, hingga memasuki tahun 2021, sudah banyak sekali terjadi kecelakaan di kawasan itu. Rata-rata terjadi diakibatkan truk yang mengalami rem blong hingga kelebihan muatan.

Kondisi jalan yang menurun dari KM 1,5 hingga KM 0 memang memiliki kemiringan yang curam juga menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan saat tanjakan maupun turunan Rapak. Apalagi jalur tersebut sering dilalui kendaraan besar.

Adalah Rini, yang mengaku menjadi korban kecelakaan di lokasi tersebut tahun 2009 silam. Hingga kini masih merasakan trauma mendalam atas kejadian tersebut, “Waktu itu aku masih duduk di bangku kelas 2 SMP, pas kejadian aku ngalamin patah kaki, jadi kalau dengar ada kecelakaan di Rapak masih syok rasanya,” akunya saat ditemui Kotaku.co.id, Senin, (8/2/2021).

Tak ingin kejadian serupa kembali terjadi, Rini berharap ada solusi yang tepat dan segera direalisasikan oleh pemerintah agar kejadian tersebut tidak kembali terulang. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top