Corak

Kodam VI/Mulawarman Gelar Vaksinasi di Klenteng Guong De Miao

Letkol Ckm Sudarmanto mendampingi salah seorang penerima vaksin yang berlangsung di Klenteng Guong De Miao(foto:kotaku.co.id/januar)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan produktif, Kodam VI/Mulawarman bersama Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Balikpapan menggelar Seruan Vaksinasi Covid-19 di Klenteng Guong De Miao, Jalan Bukit Niaga, Kelurahan Kelandasan Ilir, Balikpapan Kota, Sabtu (3/7/2021) pagi. Adapun jenis vaksin yang digunakan merupakan Astra Zaneca membidik 500 peserta.

Ketua Walubi Balikpapan Tjan Hariyanto Chandra mengatakan bahwa Seruan Vaksin ini sesuai dengan program vaksinasi nasional yang diterapkan oleh Walubi bekerja sama dengan TNI.

“Jadi pelaksanaan ini diselenggarakan di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan TNI,” jelasnya kepada awak media saat pelaksanaan vaksinasi.

Dijelaskannya, untuk pelaksaan di Balikpapan merupakan kali pertama di Indonesia. Selain itu, Seruan Vaksin tersebut juga tidak hanya ditujukan untuk umat Buddha.

“Jadi ini sebagian besar dari warga umat Buddha, ada juga campuran dari warga lain,” ungkapnya.

Untuk memenuhi kuota yang diberikan, Walubi Balikpapan membuka pendaftaran selama dua hari. Rupanya antuasias masyarakat cukup tinggi hingga melebihi kuota yang diberikan. “Kalau (pendaftaran) buka terus mungkin bisa ribuan,” tambahnya.

Adapun umat Buddha yang mendaftar dikordinasi oleh masing-masing vihara.

“Sebagian besar dari keluarga umat Buddha inikan ada yang Islam ada yang nasrani dan sebagainya. Jadi (pendaftaran) kami limpahkan ke masing-masing paguyuban. Nah kalau yang umat Buddha dikoordinir oleh masing-masing vihara,” ulasnya.

Untuk kegiatan vaksinasi di Klenteng tersebut direncanakan akan rampung dalam sehari.

Namun Walubi Balikpapan bersedia jika kegiatan serupa kembali digelar.

Dalam kesempatan yang sama, Penanggungjawab Lapangan Tim Kesehatan RST Letkol Ckm Sudarmanto, menuturkan bahwa Kodam VI/Mulawarman sebagai pelaksana teknis vaksinasi.

“Ini merupakan kerja sama dari Kodam dan Walubi, kami dari pelaksana teknis vaksinasi ini berharap mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” tutupnya. (*),

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top