pegadaian
Corak

Intip Perubahan Dapur Pacu LEXi LX 155, Mampu Tingkatkan Performa Berkendara

hut ri hut ri
hut ri hut ri

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perubahan sektor dapur pacu menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh LEXi LX 155 series dalam mendukung kebutuhan berkendara para penggunanya.

Pasalnya, generasi sebelumnya, LEXi hanya mengusung mesin berkubikasi 125cc, dan kini telah ditingkatkan dengan pengaplikasian mesin Blue Core berkapasitas 155cc.

hut ri

Menjadi lebih menarik lagi, mesin Blue Core 155cc yang dimiliki LEXi LX saat ini merupakan generasi teranyar yang memang banyak mendapat sentuhan peningkatan, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW per 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 14,2 Nm per 6.500 rpm.

Dalam MAXi Flash Trip yang digelar oleh Yamaha 3-7 Februari 2024 di Kota Bandung, awak media yang hadir diberi kesempatan untuk menelisik lebih jauh tentang mesin generasi terbaru itu.

Tidak hanya sebatas melalui pemaparan materi, namun juga ada unit peraga mesin yang telah dibongkar untuk dilihat secara langsung perubahan di dalamnya.

“Mesin yang dipakai LEXi LX 155 adalah mesin Blue Core 155cc generasi terbaru yang mendapat rombakan desain Camshaft, Piston, Head, jalur oli dan beberapa bagian lainnya.

Efek dari Improvement ini adalah meningkatnya efisiensi mekanis yang membuat mesin motor menjadi minim gesekan dan vibrasi, sehingga akselerasi serta performanya menjadi lebih baik,” terang Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Ferry Nurul Fajar dalam siaran pers yang disampaikan Jumat (9/2/2024) saat memberikan penjelasan aktivitas Media Technical Workshop.

Lantas sentuhan perubahan apa saja yang terdapat mesin sehingga mampu mengoptimalkan performa berkendaranya, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Body Cylinder & Forged
    Peningkatan kubikasi mesin pada LEXi LX 155 tentunya membuat Body Cylinder dan Forged Piston menjadi berubah, khususnya ukuran diameter yang kini lebih besar, yaitu 58 x 58,7 (bore x stroke). Dinding Cylinder pun juga turut dibuat sehalus mungkin untuk meminimalisir gesekan dan megurangi “oil loss”.
  2. Head Cylinder & Valve
    Tidak hanya Body Cylinder & Forged Piston saja, perubahan jeroan mesin juga turut menyasar area Head Cylinder yang kini mampu menghasilkan kompresi rasio lebih besar, menjadi 11,6 dari sebelumnya hanya 11,2. Peningkatan ini datang dari ukuran dome capacity yang dibuat menjadi lebih kompak. Selain itu, perubahan Design Head cylinder juga dibarengi dengan perubahan dimensi desain pada diameter kepala Valve yang menjadi lebih besar.
  3. Crankshaft & Rotor Assy
    Mesin LEXi LX 155 memiliki ukuran Crankshaft yang lebih pendek dari LEXi yang sebelumnya, yaitu 277,8 mm berbanding 283,8 mm serta dimensi dan berat Rotor Assy yang lebih ringan, yaitu 1.130 gr berbanding 1.250 gr. Dengan adanya efisiensi dari sisi ukuran dan berat komponen-komponen tersebut, maka berimbas akselerasi motor yang menjadi lebih baik.
  4. Camshaft
    Bagian Camshaft mesin LEXi LX 155 juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.
  5. Hydraulic Tensioner
    Salah satu perubahan yang paling signifikan mesin Blue Core generasi terbaru yang dipakai oleh LEXi LX 155 ada bagian Tensioner-nya. Jika mesin generasi sebelumnya Gate Stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan dengan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus.
  6. Jalur Oli Baru
    Perubahan signifikan yang terakhir adalah jalur oli baru. Mesin Blue Core generasi sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan bagian Cylinder Head dan Cylinder Body, namun kini ditambah bagian Hydraulic Tensioner. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc lainnya. (*)
To Top