pegadaian
Corak

Peduli Generasi Muda, Hasanuddin Mas’ud Soswasbang di Kelurahan Damai Bahagia Balikpapan

pegadaian
Hasanuddin Mas’ud mengabadikan momen Soswasbang bersama warga Gunung Bahagia Balikpapan (kotaku.co.id/ryan)
hut-bpn

KOTAKU, BALIKPAPAN-Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) H Hasanuddin Mas’ud menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswasbang) ke 5, di hadapan warga Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Marsma Iswahyudi, Sabtu (25/5/2024).

apbmi

Turut hadir, Camat Balikpapan Selatan Muhammad Hakim dan Camat Balikpapan Timur Mustamin, serta Ketua Lembaga Pengembangan Demokrasi Kaltim M Fathurrazi bersama Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kota Balikpapan Andi Achmad Mutawalli.

Para warga yang hadir tampak antusias mengikuti jalannya Soswasbang, yang membahas empat konsensus kebangsaan.

Yakni terdiri dari Pancasila sebagai ideologi negara, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar hukum, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hasanuddin Mas’ud atau populer dengan sapaan Hamas mengatakan, para anggota DPRD Kaltim merumuskan program Soswasbang, sebagai upaya melestarikan pemahaman kebangsaan, agar tetap melekat dalam sanubari masyarakat.

“Karena saat ini pemahaman kebangsaan dan rasa cinta kepada negara mulai tergerus. Luntur rasa nasionalisme itu,” ujar Hamas, saat memberi sambutan.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi. Misalnya laju informasi, kesenjangan sosial dan peredaran gelap narkoba.

Berbagai hal itu mengancam generasi muda, bila tidak segera diantisipasi dengan menanamkan wawasan kebangsaan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Misalnya dapat diimplementasikan melalui gotong royong, saling menghargai perbedaan suku, ras dan agama, serta menanamkan rasa bangga dan mencintai negara Indonesia,” imbuhnya.

Senada, Fathurrazi turut mengingatkan warga yang hadir untuk saling menghargai dan menghormati, agar kehidupan masyarakat di Kota Balikpapan dapat terus dalam kedamaian dan sejahtera. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top