Corak

Tips Berkendara saat Pandemi dari Astra Motor Kaltim 1

KOTAKU, BALIKPAPAN-Melihat pandemi yang belum berakhir membuat masyarakat was-was ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Meski demikian, masyarakat perlu membiasakan kondisi new normal.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk menekan angka penularan melalui protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Banyak orang kemudian bertanya-tanya bagaimana cara menjaga jarak saat bepergian terutama saat berkendara dengan sepeda motor. Astra Motor Kaltim 1 akan memberikan tips aman

  1. Pastikan Pengendara Berkendara dalam Keadaan Sehat dan Fit
    Sebelum memutuskan bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua terlebih masa pandemi ini, hal pertama yang wajib dipastikan pengendara dalam kondisi sehat dan fit. Karena seperti yang telah diketahui virus corona lebih mudah menyerang saat kondisi tubuh lelah dan imunitas menurun.

Saat terasa kurang enak badan, pusing atau gejala flu ringan sebaiknya pengendara istirahat dan tidak bepergian dahulu. Karena sekalipun sudah dijaga sedemikian rupa terkadang kontak fisik atau kontak dengan benda terkontaminasi sulit untuk dihindari. Kedua hal ini akan menjadi jalan masuk bagi virus dan bakteri, tidak hanya virus corona.

  1. Biasakan Menggunakan Perlengkapan Berkendara dengan Baik dan Benar
    Perlengkapan safety riding yang cenderung tertutup seperti celana panjang, jaket, sarung tangan, sepatu dan tentu saja helm akan membantu pengendara meminimalisir kontak fisik. Terlebih masa pandemi ini, ada baiknya pengendara selalu menggunakan perlengkapan safety riding dengan sempurna. Persiapan yang matang dan keamanan maksimal membuat perjalanan berkendara pengendara menjadi lebih tenang.
  2. Selalu Gunakan Masker saat Berkendara
    Saat pandemi seperti ini memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Masker wajib dipakai saat pengendara kontak dengan seseorang atau saat berada di tempat umum termasuk saat berkendara menggunakan motor. Saat mengendarai motor, selain berguna untuk melindungi pengendara dari paparan virus yang sedang mewabah. Penggunaan masker juga membantu untuk menghalangi debu dan polusi terhirup dan masuk ke paru-paru, juga meredam hembusan angin yang terlalu kencang sehingga tidak mengganggu pernapasan. Jadi ada baiknya membiasakan diri menggunakan masker saat berkendara sekalipun sudah tidak masa pandemi.
  3. Selalu Sediakan Hand Sanitizer di Tas atau Jok Motor
    Salah satu cara penularan covid-19 adalah melalui media yang tersentuh oleh tangan, karena virus akan menempel pada benda dan hidup selama beberapa waktu pada permukaan benda tersebut. Pemerintah menganjurkan untuk lebih sering cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk mengurangi risiko penularan. Saat berkendara Pengendara juga perlu menyediakan hand sanitizer, gunakan sebelum berkendara karena kemungkinan pengendara memegang benda-benda terkontaminasi atau motor pengendara yang terkontaminasi melalui sentuhan misalnya tukang parkir terlebih setelah parkir di tempat umum seperti swalayan atau kantor.
  4. Jaga Jarak Aman dengan Pengendara Motor Lain
    Jarak aman sesuai dengan anjuran pemerintah adalah 1 meter. Dengan adanya aturan tersebut, poin yang terakhir ini tampaknya sulit dilakukan. Terlebih saat jalanan macet atau berhenti di persimpangan mengikuti rambu traffic light. Sebaiknya pengendara sebaiknya berhenti pada tempat yang disediakan agar tetap bisa .enjaga jarak aman. Untuk menghindari kemacetan, pengendara bisa memilih jalan yang lebih sepi atau berangkat lebih awal sebelum jam adat lalu lintas. Kedua hal ini terlihat merepotkan, namun demi kesehatan tentu saja hal ini menjadi sebanding dan layak untuk dilakukan.

“Semoga dengan adanya tips berkendara ini, dapat mengedukasi pengendara agar tetap bisa bekendara dengan aman dan nyaman,” ujar Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1, Daniel Natanael Toghas melalui siaran pers yang disampaikan, Jumat (18/6/2021). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top