pegadaian
Metro

Top!! Wali Kota Balikpapan Pastikan Program Gratis BPJS Kesehatan, Berlanjut

pegadaian
hut-bpn

KOTAKU, BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud memastikan bahwa program gratis iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat Kota Balikpapan akan berlanjut tahun 2024 mendatang.

“Rencana pemberian program gratis iuran BPJS Kesehatan kepada masyarakat Kota Balikpapan akan tetap berlanjut, dan sudah masuk dalam program,” kata Rahmad ketika diwawancarai awak media ini, Jumat (27/10/2023).

apbmi

Karenanya dia mengimbau bagi warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan untuk kepesertaan kelas III mandiri agar mendaftar melalui kelurahan masing-masing.

“Jadi nanti di sana bisa mengikuti verifikasi sebagai penerima program gratis BPJS Kesehatan dari Pemerintah Kota Balikpapan. Syaratnya cukup bawa surat pengantar RT, KTP dan KK sebagai data pendukung.

Namun Rahmad juga mengingatkan, bahwa masyarakat yang penerima manfaat yang akan mendapat secara cuma-cuma layanan kesehatan kelas III dari program BPJS Kesehatan, merupakan kelompok yang tergolong pekerja mandiri atau bukan penerima upah.

“Jadi nanti yang sudah bekerja, namun masih mendapatkan program gratis BPJS Kesehatan, akan kami lakukan evaluasi. Karena hal itu merupakan tanggung jawab perusahaan tempatnya bekerja,” terangnya.

Saat ditanya soal jumlah anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk merealisasikan program tersebut, Rahmad menegaskan tengah mempersiapkan.

“Saat ini kami tengah menyiapkan anggarannya,” tuturnya kemudian.

Seperti diketahui, Pemkot Balikpapan menjamin masyarakat mendapat fasilitas dan layanan kesehatan secara gratis melalui program gratis BPJS Kesehatan.

Fasilitas gratis BPJS Kesehatan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud selama masa kepemimpinannya.

Selain kesehatan, Pemkot Balikpapan juga menjamin warganya mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi dengan membangun sejumlah sekolah serta membagikan seragam sekolah gratis untuk peserta didik baru.

Adapun realisasi penyaluran program bantuan gratis iuran BPJS Kesehatan tahun 2023 periode Januari-Juni mencapai Rp52 miliar.

Dengan jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) mencapai 197.481 peserta.

Program BPJS Kesehatan gatis kelas III diperuntukkan bagi warga bukan penerima upah. Mengingat program tersebut menjadi salah satu program prioritas Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bidang kesehatan maka evaluasi akan dilakukan setiap tahun, agar lebih bermanfaat untuk masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top