Corak

Yuk Intip Pengenalan Rem Canggih Motor Honda dari Astra Motor Kaltim 1

KOTAKU, BALIKPAPAN-Rem adalah hal krusial, tidak hanya sebagai mengurangi kecepatan tetapi juga berfungsi untuk menghentikan kendaraan yang berjalan. Tidak dipungkiri kondisi rem wajib dicek secara berkala, karena kondisi kampasnya dapat berbahaya untuk bikers dan pengendara lainya di jalan raya.
Pada kali ini, Astra Motor Kaltim 1 selaku main dealer wilayah Kaltim-Kaltara ingin berbagi informasi mengenai jajaran rem canggih sepeda motor Honda antara lain:

  1. Combi Brake System (CBS) yakni sistem rem interlocking roda depan dan belakang.
    Bagian depan dan belakang rem sepeda motor biasa dioperasikan secara individual. CBS adalah rem yang beroperasi pada kedua roda dengan hanya mengoperasikan satu sisi. Adapun dua tipe Honda CBS yakni rem gabungan ganda. Saat rem depan tuas kanan dioperasikan, gaya pengereman juga didistribusikan ke rem belakang. Tujuannya untuk mendapatkan deselerasi yang stabil dengan menekan sebanyak mungkin perubahan perilaku bodi kendaraan saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, dan telah dipasang pada model sport besar. Kemudian rem kombinasi yakni saat rem belakang tuas kiri diaktifkan, rem depan juga beroperasi. Tujuannya agar berbagai pengendara, dari pemula hingga veteran, mendapatkan tenaga pengereman secara efisien dengan pengoperasian sederhana, seperti saat mengemudi di daerah perkotaan, dan terutama dipasang di sepeda motor kecil dan skuter.
  2. ABS (Sistem Pengereman Anti-Lock)
    ABS adalah perangkat yang mendeteksi saat terjadi penguncian ban saat pengereman, dengan cepat memulihkan kecepatan putaran ban, dan menjaga kestabilan badan kendaraan. ABS mendeteksi kecepatan putaran ban depan dan belakang dengan sensor yang dipasang di roda depan dan belakang, dan jika ada perbedaan maka menentukan ban yang lebih lambat terkunci. Honda memiliki jajaran berbagai tipe sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan pengendaranya.
    ABS tipe tunggal. Jenis ini hanya bekerja pada roda depan yang kemungkinan besar pengunciannya akan mengakibatkan terjatuh.
    ABS tipe ganda bekerja di roda depan dan belakang untuk meningkatkan stabilitas dari jarak kecepatan tinggi.
    ABS untuk olahraga super. Dengan mendeteksi perilaku kendaraan, penyelaman hidung yang berlebihan ditekan dan pengereman saat menikung juga didukung. Ini adalah tipe yang mendukung penggerak yang lebih keras seperti penggerak sirkuit.
    ABS untuk off-road. Ini adalah sistem yang dapat melepaskan pengoperasian ABS hanya untuk rem belakang dengan sakelar ketika pengendara merasa perlu menggunakan rem depan dan belakang dengan benar dalam situasi seperti mengemudi off-road.

“Meskipun demikian mematuhi rambu lalu lintas dan kelengkapan saat berkendara juga menjadi hal penting untuk para bikes, khusunya kondisi sekarang, pengendara sepeda motor juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan, meski berkendara masker tetap harus digunakan, guna memutus mata rantai Covid-19,” ujar Safety Riding Officer Daniel Natanael Toghas melalui siaran pers yang disampaikan, Rabu (7/7/2021). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top