Corak

GenBI dan KPw BI Balikpapan Punya Cara Rawat Bumi

Kurangi Sampah Plastik, Bersih Pantai dan Perbaikan Taman Kota

Bersih pantai oleh GenBI dan KPw BI bertajuk Gravity (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Edukasi pengurangan sampah plastik, bersih pantai, penghijauan dan perbaikan taman kota merupakan cara yang dilakukan penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) Balikpapan bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan merawat lingkungan, alam dan bumi. Mengusung tema Green Action Activity for Living and Humanity (Gravity), kegiatan dilakukan 26-27 Oktober 2019.

“GenBI Gravity salah satu agenda divisi lingkungan hidup dan diharapkan akan terus dilaksanakan untuk menanamkan peduli lingkungan,” kata Ketua GenBI Balikpapan Wendy Raditya di sela aksi bersih pantai, Minggu (27/10/2019). Ia mengapresiasi BI atas dukungan dan kepercayaan kepada GenBI sehingga dapat terus aktif berkontribusi terhadap masyarakat melalui berbagai kegiatan.

Dia menjelaskan, kegiatan diawali dengan edukasi pengurangan sampah plastik kepada pedagang dan pembeli di Pasar Klandasan, Sabtu (26/10/2019). Kemudian, pembagian kantong belanja yang memuat desain tips belanja bijak, penyerahan dua unit tempat sampah kepada pengelola pasar.

Hari kedua, dilanjutkan dengan aksi bersih pantai yang dipusatkan di Pantai Sepinggan Raya (Seraya) bersama komunitas lingkungan lainnya. Selain bersih pantai, seluruh peserta yang hadir termasuk warga sekitar juga dibekali tentang pengelolaan sampah oleh Pembina Green Generation Indonesia Nurul Hidayati Widayati.

Aksi pun berlanjut di Taman Lalu Lintas Sepinggan. Meliputi penghijauan dan perbaikan taman kota yang ditandai penyerahan program sosial BI berupa 50 tanaman palem bambu, 70 tanaman lidah mertua, 24 tanaman rambat, dua unit paket tempat sampah 3R, dan paket pengecatan taman kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan. Selain itu, juga diserahkan satu unit gerobak sampah kepada Ketua RT 28 Kelurahan Sepinggan Raya mewakili warga di sekitar Pantai Sepinggan Raya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Balikpapan Thomy Andryas guna membuka acara. Hadir pula Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Kota Balikpapan Izmir Novian.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas taman yang asri di Kota Balikpapan, sampah plastik berkurang, kepedulian baik GenBI maupun masyarakat terhadap alam juga semakin tinggi,” kata Thomy Andryas.

Lebih dari itu, GenBI Gravity juga diharapkan dapat menambah pemahaman dan pengetahuan tentang pelestarian lingkungan, literasi uang rupiah serta belanja bijak. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top