pegadaian
Metro

Penerbangan Haji Perdana, 319 Jemaah Calhaj Berangkat dari Bandara SAMS Balikpapan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebanyak 319 jemaah calon haji (Calhaj) yang tergabung dalam kloter pertama telah diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Penerbangan perdana digelar, Selasa (14/5/2024) malam menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe Airbus 330-300 dengan rute Balikpapan-Kualanamu-Madinah.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Ahmad Syaugi Syahab menegaskan telah mempersiapkan penerbangan haji sejak bulan lalu.

Mulai fasilitas dan personel yang dipastikan siap melayani para jemaah calhaj. Termasuk membentuk tim bersama stakeholder terkait untuk kelancaran proses keberangkatan.

“Penerbangan kloter pertama saat ini menggunakan pesawat Airbus 330-300 namun beberapa kloter selanjutnya akan menggunakan pesawat Airbus 340-313.

Maka dari itu kami telah melakukan perbaikan Runway agar lebih kuat untuk menopang pesawat berbadan besar,” jelasnya melalui siaran pers yang disampaikan, Rabu (15/5/2024).

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Mohlis menyampaikan pemberangkatan kloter pertama total ada 324 orang yang terdiri dari 319 jemaah calhaj, pembimbing ibadah, ketua kloter dan dokter masing-masing satu orang. Kemudian diikuti dua tenaga perawat.

Terdapat sembilan jemaah calhaj yang menggunakan kursi roda, sekitar 18 persen termasuk kategori lansia.

“Kloter pertama usia jemaah calhaj tertua 79 tahun sedangkan yang termuda berusia 27 tahun,” terangnya.

Adapun keberangkatan jemaah calhaj akan dilaksanakan hingga 10 Juni 2024. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top