pegadaian
Metro

Wali Kota Rahmad Mas’ud Lepas Keberangkatan 507 Jemaah Calhaj Balikpapan

pegadaian
Rahmad Mas’ud mengabadikan momen bersama para jemaah calhaj asal Balikpapan (kotaku.co.id/ryan)
hut-bpn

KOTAKU, BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud melepas rombongan jemaah calon haji (Calhaj) asal Kota Beriman, di Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Center (BIC), Senin (13/5/2024).

“Dengan mengucapkan Bismillah, Jemaah calhaj asal Balikpapan saya lepas ke Baitullah,” ujar Rahmad Mas’ud.

apbmi

Dalam kesempatan itu, Rahmad Mas’ud berpesan kepada 507 jemaah calhaj asal Balikpapan, agar tetap menjaga sikap dan menguatkan iman dan ketaqwaan selama menjalani ibadah.

Rahmad mengatakan, saat ini suhu di Mekkah mencapai 40 derajat celsius. Sehingga ia berharap para jemaah calhaj menjaga kesehatan.

Ia juga menyampaikan, akan turut melakukan peninjauan para jemaah calhaj secara langsung di Jeddah maupun di Madinah.

“InsyaAllah kalau nanti saya berangkat juga tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, ya pasti saya kunjungi juga para jemaah (calhaj) asal Balikpapan.

Paling saya pulang pergi selama 15 hari. Atau bisa 12 hari. Karena ritual ibadah haji kan paling tujuh hari,” imbuhnya.

Terpisah, Pelaksan Tugas (Plt) Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Masrivani mengatakan, jemaah calhaj asal Balikpapan mencapai 507 orang yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (Kloter). Yakni kloter 1, 14 dan 18.

“Hari ini berangkat kloter 1 gelombang pertama, menuju Madinah sebanyak 309 jemaah dengan petugas, totalnya 324 orang,” ulasnya.

Adapun dua kloter lainnya, yakni 14 dan 18 akan tergabung dengan gelombang kedua yang akan mendarat di Jeddah.

“Mereka akan gabung dengan jemaah dari daerah lain asal Kaltim (Kalimantan Timur, Red). Ada juga jemaah calhaj asal Sulteng (Sulawesi Tengah, Red),” urainya.

Disebutkan, hari ini jemaah calhaj Kota Balikpapan akan memasuki Asrama Haji Batakan Balikpapan, kemudian akan diberangkatkan ke Tanah Suci, pukul 16.00 Wita, Selasa (14/5/2024), besok.

“Sekitar Juni mereka akan kembali,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top