pegadaian
Metro

Wali Kota Rahmad Mas’ud Spill Dua Karakter Wajib Pencaker di Balikpapan Job Fair 2024

Rahmad Mas’ud berkeliling booth perusahaan yang mengikuti Balikpapan Job Fair tahun 2024 (kotaku.co.id/ryan)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud berbagi pengalaman dan motivasi, kepada para pencari kerja (Pencaker) yang hadir dalam Balikpapan Job Fair 2024, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau DOME, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini diikuti 100 perusahaan yang beroperasi di Kota Beriman dan akan berlangsung dua hari, yakni 10-11 Juli 2024.

Rahmad Mas’ud mengatakan, ada dua karakter yang perlu dimiliki semua pencaker, jika ingin sukses dan berhasil dalam membangun karir.

Yakni memiliki karakter berani dalam menghadapi tantangan, serta memiliki karakter sebagai orang yang dapat dipercaya.

“Jika boleh saya memberi motivasi sedikit untuk adik-adik sekalian, bahwa mencari kerja atau menjalani kehidupan dan kesuksesan, bagi saya untuk pemula, hanya ada dua hal.

Yakni keberanian dan Trust (bisa dipercaya, Red),” ujar Rahmad Mas’ud, saat dalam sambutannya saat membuka Pameran Bursa Pekerja atau Balikpapan Job Fair tahun 2024.

Menurutnya dua karakter itu penting dalam dunia kerja. Bahkan bila seorang pencaker memiliki keahlian di atas rata-rata dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan suatu perusahaan, namun bila tidak memiliki dua karakter kepribadian tersebut, maka akan sulit bertahan di tengah persaingan dunia kerja.

“Dulu saya membawahi dua ribu karyawan perusahaan sawit, sebelum saya menjadi wali kota. Saya paham karakter anak-anak (pencaker),” katanya.

Ia menyebut, Trust jauh lebih penting dari skill atau kemampuan pribadi.

Tak lupa Rahmad mengingatkan agar para pencaker tidak pilih-pilih jenis pekerjaan. Namun menjadikan pekerjaan sebagai ajang pembuktian diri untuk bisa bergabung dengan suatu perusahaan, serta untuk mengasah kemampuan dan pengalaman.

“Usaha tidak akan membohongi hasil,” ungkapnya.

Selain itu, Rahmad menyebut kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Balikpapan untuk mengentaskan kemiskinan dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya.

Sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa pemerintah dan perusahaan swasta di Kota Beriman tidak memfasilitasi warganya dalam mencari pekerjaan.

“Ada banyak kesempatan kerja. Dan tahun depan akan diresmikan smelter di Kawasan Industri Kariangau (KIK).

Kemudian ada pembangunan rumah sakit, tentu ini peluang yang sangat besar,” tutupnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top