Metro

Cara Pemkot Balikpapan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sering dengan berkembangnya zaman, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menginisiasi sebanyak delapan proyek perubahan (Proper) strategis yang diinisiasi oleh beberapa Organisasi Prangkat Daerah (OPD), Senin (26/9/2022). Delapan proper itu sebagian besar merupakan berbasis digital.

Adapun delapan proper tersebut beserta dengan inisiatornya, yakni:

  1. Sinergi antisipasi bencana Balikpapan (SIGAB) oleh Kepala BPBD Kota Balikpapan Silvia Rahmadina.
  2. Rumah inovasiku, inovasi untuk kotaku oleh Kepala Bappeda Litbang Balikpapan Murni.
  3. Strategi peningkatan rumah layak huni, Griyaku Balikpapan oleh Kepala Disperkim Balikpapan Arfiansyah.
  4. Strategi pelayanan publik digitalisasi sistem pelayanan, Siap Ditempa. Bertempat di Mal Pelayanan Publik oleh Kepala DPMPTSP Balikpapan Boedi Liliono.
  5. Strategi peningkatan fasilitasi fungsi dan tugas DPRD. Sistem Digital Melayani (Si Dilan) oleh Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Irvan Taufiq.
  6. Balikpapan Single Window. Integrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan layanan publik oleh Kadiskominfo Balikpapan Adamin.
  7. Strategi peningkatan peran serta masyarakat dalam mendukung Kota Balikpapan menuju kota layak anak (Pin Emas) oleh Kepala DP3AKB Balikpapan Alwiati.
  8. Penataan ruang Kota Balikpapan berbasis one map one data, satu peta satu data spasial oleh Kepala DPPR Balikpapan Neny.

Langkah para OPD tersebut lantas mendapatkan apresiasi oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud.

“Kami tinggal menanti penerapan proper-proper tersebut dan berharap dapat memudahkan masyarakat dalam hal pengurusannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga berharap agar OPD dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami tunggu saja bagaimana implementasinya dan semoga bisa memudahkan masyarakat dan tentunya juga OPD terkait,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top